Sebagai Muslim, Apa Pekerjaan Paling Baik Buat Kita?

Seorang muslim yang taat akan mencari ridho Allah dalam setiap tindakan termasuk dalam bekerja. Namun apakah ada pekerjaan yang terbaik yang harus dilakukan seorang muslim?

Melansir laman aboutislam.net dosen senio rdi Institut Islam Toronto , Ontario, Kanada, Syekh Ahmad Kutty menjelaskan seorang muslim tidak harus memilih menjadi imam atau sarjana Islam untuk mendapatkan sumber hidup dan pekerjaan yang halal untuk menyenangkan Allah. Islam mengajarkan kita bahwa seseorang dapat memilih pekerjaan atau bidang yang bermanfaat dan berkontribusi pada masyarakat.

Begitu niatnya adalah untuk melayani Allah dengan memberi manfaat bagi ciptaan-Nya dan tujuan serta sarananya benar, kita dapat melakukannya. Itu semua tergantung pada area mana kita dapat unggul dan berkontribusi pada masyarakat di mana ada kebutuhan yang lebih besar.

“Jadi, cari tahu apa bakat kita dan bagaimana kita bisa unggul di dalamnya.

Jika kita dapat unggul dalam pengobatan dan berharap dapat melayani orang melaluinya, kita harus melakukannya,”ujar dia.

Seperti yang kita ketahui, dalam kedokteran itu sendiri, ada area di mana kita dapat memilih untuk berspesialisasi, jadi fokuslah pada hal itu untuk memberikan kontribusi unik kita. 

“Jika, sebaliknya, bakat kita adalah untuk hukum, maka lakukanlah. Tetapi pastikan untuk menggunakan profesi kita untuk membela hak-hak mereka yang tertindas,”ujar dia.

Contoh lain, jika kitatertarik dengan teknik , atau mengajar, atau menulis atau ilmu sosial, maka kita tidak perlu menganggapnya kalah dengan yang di atas. Bidang apa pun di mana kita bisa unggul dan bermanfaat bagi masyarakat dapat dipilih.

Dalam sebuah hadits disebutkan, 

“Selalu berusaha untuk memenuhi tujuan yang bermakna dan bermanfaat dan berusaha keras untuk mencapainya dengan bertawakal kepada Allah. Jika, setelah mengeluarkan yang terbaik dari usaha Anda, Anda menemukan diri Anda kewalahan dan tidak dapat melanjutkan, katakan itu adalah kehendak Allah’, (Dan kemudian tinggalkan dan pilih yang lain) Dan jangan pernah mengatakan pada diri sendiri: Saya berharap saya telah melakukan ini atau itu, untuk diri sendiri pembicaraan hanya akan membantu iblis bermain dengan pikiranmu.” ( Muslim )

Kesimpulannya, mengejar tujuan yang sesuai, mencapai keunggulan, dan mencari keridhaan Allah dengan mendapatkan sumber kehidupan yang halal dan melayani umat manusia. Dan jangan pernah lalai berdoa, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat dan lindungi kami dari siksa api neraka.

Klik Sumber

Barakallahu fiikum

Yuk ikut gabung sedekah beras untuk santri penghafal Al Quran dengan mengklik tautan berikut ini

Atau langsung salurkan melalui rekening donasi DDC Al Islam

Bank Syariah Indonesia 16.600.173.81 a.n Yayasan Al Islam

Mudah-mudahan menjadi amal jariyah yang berkah untuk kita semua. Aamiiin.

Ikuti juga update informasi program-program Al Islam melalui Instagram @ddcalislam & @mahadaly.alislam

Tinggalkan komentar