Sedekah Subuh dan Keutamaanya

sedekah subuh

Sedekah subuh memiliki keistimewaan dan keutamaan yang banyak. Berikut ini keutamaan-keutamaan yang berhasil kami kumpulkan: 1. Senantiasa didoakan Malaikat “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, … Baca Selengkapnya

Menggendong Anak Dalam Sholat

menggendong anak dalam shalat

Bagaimana hukum menggendong anak dalam shalat? Yuk kita mulai dari hadits berikut ini! عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رضي الله عنه قَالَ كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ  صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتِ زَيْنَبَ , فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا , وَإِذَا قَامَ حَمَلَه “Dari Abi Qotadah berkata, “Bahwanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah sholat sambil menggendong … Baca Selengkapnya

Waktu Istighfar Terbaik

waktu istighfar terbaik

Para ulama menjelaskan bahwa istighfar dibagi menjadi dua; istighfar muthlaq dan istighfar muqayyad. Adapun rinciannya sebagai berikut: Istighfar Muthlaq : adalah bacaan istighfar yang diucapkan kapan saja, di mana saja, dan dalam keadaan apa saja. Berkata al-Hasan al-Bashri :   أكثروا من الاستغفار في بيوتكم ، وعلى موائدكم ، وفي طرقكم ، وفي أسواقكم ، … Baca Selengkapnya

Sedekah Beras Penghafal Al Quran

Sedekah beras santri penghafal Al Quran

Buat hartamu makin berkah dengan sedekah beras untuk santri penghafal Al Quran Pesantren Tinggi Al Islam. Ada 44 santri dari berbagai daerah di nusantara sedang berjuang mengejar cita-cita mereka menjadi penghafal Al Quran. Pagi, siang dan malam mereka dilalui tanpa lepas dari Al Quran. Mereka berjuang keras untuk itu. Dengan dibimbing oleh guru-guru tahfidz yang … Baca Selengkapnya

Lihat Orang Kaya Gak Perlu Silau

Jadi ingat kisahnya Qorun.😁 Dulu, masyarakat waktu itu sampai silau matanya lihat kemewahan hidup si Qorun ini. Setiap kali si Qorun lewat, setiap kali itu pula masyarakat berharap memiliki setidaknya sebagian kecil kehidupan mewahnya. Qorun jadi idola banget lah intinya waktu itu. Tapi para alim ulama saat itu bahwa kehidupan mewah qorun tidak menjajikan kebahagiaan … Baca Selengkapnya

Orang Tua, Jalan Surga Kita

Yang orang tuanya masih di sisi, jangan sampai rugi.😭 Ingat cerita tentang 3 orang yang terjebak di gua karena ada batu besar yang menutup pintunya. Ingat salah satunya bercerita tentang baktinya kepada orang tuanya. Menjadikan hal itu sebagai amalan andalannya untuk beristighotsah saat itu dan Allah kabulkan. Betapa besar pahalanya. Dan bagi yang sudah ditinggal … Baca Selengkapnya

Mahasiswa ke 5 dan 6 lulus ujian 5 juz sekali duduk.

Alhamdulillah. Berkah. Ade Purwanto dan Rizky Syahrul Sya’ban, keduanya mahasiswa semester 1 Pesantren Tinggi Al Islam baru saja menyelesaikan ujian 5 juz sekali duduknya hari ini. Mencatatkan nama mereka menjadi mahasiswa semester 1 ke 5 dan 6 yang telah menyelesaikan ujian 5 juz pertamanya. Mudah-mudahan jadi motivasi pribadi mereka dan teman-temannya yang lainnya. Aamiiin. Yuk … Baca Selengkapnya

Rakaat Dhuha Yang Bikin Bahagia

Emang Sholat Dhuha Pahalanya Luar Biasa.😍 Bahkan Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam sendiri memberi gelar “awwabin” yang artinya orang-orang yang taat bagi mereka yang menjaga sholat dhuhanya. Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu sendiri diwasiatkan oleh beliau agar senantiasa menjaga 3 amalan salah satunya sholat dhuha setiap hari. Kalau shalat dhuha bukan hal besar, mana mungkin Rasulullah … Baca Selengkapnya

Begini Cara Cek Hati

Kurang banyak atau ngerasa kebanyakan nih?😁 Dites dulu aja. Baca 2-3 halaman masih aman gak. Kalau masih, tambah lagi jadi 2-3 lembar. Kalau masih belum kerasa, tambah lagi 2 kali lipatnya. Nah, lama-lama, saking udah biasanya, in sya Allah, gak berasa udah lewat 1 juz aja, 2 juz aja. Mudah-mudahan, dengan Al Quran yang kita … Baca Selengkapnya

1 lagi mahasiswa Al Islam selesai ujian 5 juz sekali duduk!

Tabarakallahu…. Alhamdulillah…😍 Kembali, 1 lagi, mahasantri Pesantren Tinggi Al Islam berhasil menyelesaikan ujian tasmi’ 5 juz sekali duduknya. Yaitu, Raihan Syah Ghali, mahasantri sem 1, pagi ini berhasil setoran 5 juz sekali duduk, juz 26-30. Robithon menjadi mahasantri sem 1 ke-4 pada semester ini yang sudah menyelesaikan ujian ini. Mudah-mudahan menjadi pemicu semangat bagi teman-temannya … Baca Selengkapnya